Kitab Hukum Bersuci
والكتاب: لُغَةً: مصدرٌ؛ بِمَعْنَى: الضَمِّ
والجَمْع.
Kitab‛ secara bahasa adalah bentuk
kalimat masdar yang bermakna mengumpulkan
واصطلاحًا: اسمٌ لجنس من الأَحْكَام.
Sedangkan secara istilah adalah nama
suatu jenis dari beberapa hukum
أّمَّا الباب: فاسم لنوع مما دخل تحت ذلك الجنس.
Adapun ‚bab ‛
adalah nama bagi
satu macam yang masuk di bawah cakupan jenis hukum
tersebut.
والطَّهارة؛ بفتح الطاء: لُغَةً: النظافةُ.
Thaharah‛ dengan dibaca fathah huruf tha’nya,
secara bahasa bermakna bersih.
وَأَمَّا شرعًا: ففيها تَفَاسِير كَثِيرَة مِنْهَا
Adapun secara syara’, maka terdapat
definisi yang cukup banyak di dalam menjelaskan arti lafadz ‚ath thaharah‛.
قولهم: فعل ما تستباح بِهِ الصلاةُ؛ أَي: من
وضوء وغسل وتيمم وإزالة نجاسة.
Diantara defisininya
adalah ungkapan ulama’ “Thaharah adalah melakukan sesuatu
yang menjadi sebab di perbolehkannya
melakukan sholat. Yaitu
wudlu’, mandi, tayammum, dan
menghilangkan najis.
أّمَّا الطُّهَارَة؛ بالضم: فاسم لبقية الماء.
Adapun lafadz ‚ath thuharah‛ dengan
dibaca dhammah huruf tha’nya, adalah nama sisa air yang digunakan untuk
bersuci-
أنواع المِيَاه
Pembagian Air
ولما كَانَ الماء آلةً للطهارة؛ اسْتَطْرَدَ
المُصَنِّف لأنواع المِيَاه؛ فقال:
Dan ketika
air merupakan alat
untuk bersuci, maka mushannif istithrad macam-macamnya air. Maka
beliau berkata,
(المِيَاه الَتِي يجوز)؛ أَي: يصحُّ
(التطهير بها سبعُ مِياه):
(Air
yang boleh) maksudnya syah digunakan (untuk bersuci ada tujuh macam air).
(ماءُ السماءِ)؛ أَي: النازل مِنْهَا. وَهُوَ:
المطر. (وماء البحر)؛ أَي: الملح.(وماءُ النهر)؛
أَي: الحلو. (وماء البئر) (وماء العين) (وماء الثلج)
(وماء البرد).
(Air
langit) maksudnya air yang turun dari langit yaitu hujan, (Air laut)
yaitu air asin, (Air bengawan/sungai) yaitu air tawar, (Air sumur),
(Air sumber) , (Air salju), dan (Air embun)
ويجمع هَذِهِ السبعة قولك: ما نزل من السماء، أَوْ
نبع من الأرض؛ عَلَى؛ أَي: صفة كَانَ من أصل الخِلْقَة.
Ketujuh
macam air ini terkumpul dalam ungkapanmu, : air yang bisa digunakan bersuci
adalah air yang turun dari langit atau keluar dari bumi dalam bentuk sifat
apapun yang sesuai dengan aslinya.
Artikel Sebelumnya : FATHUL QORIB (Muqoddimah)
Artikel Sebelumnya : FATHUL QORIB (Muqoddimah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar