مقدمة
قال الشيخُ الإمامُ العالم العلاَّمة، شمسُ الدين أبو عبد الله، محمد بن قاسم الشافعي - تغَمَّده الله برحمته ورضوانه، آمين: الحمد لِلّهِ تبرُّكا بفاتحة الكتاب، لأنها ابتداء كل أمر ذي بالٍ، وخاتمة كل دعاء مُجاب، وآخر دعوى المؤمنين في الجنة، دار الثواب؛ أحمده أن وَفَّقَ مَنْ أراد مِن عباده للتَّفَقُّه في الدين على وَفْق مُراده. وأصلي وأسلم على أفضل خلقه محمد سيد المرسلين، القائل: «مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ»؛ وعلى آله وصحبه مُدةَ ذِكرِ الذاكِرين وسَهو الغافلين.
قال الشيخُ الإمامُ العالم العلاَّمة، شمسُ الدين أبو عبد الله، محمد بن قاسم الشافعي - تغَمَّده الله برحمته ورضوانه، آمين: الحمد لِلّهِ تبرُّكا بفاتحة الكتاب، لأنها ابتداء كل أمر ذي بالٍ، وخاتمة كل دعاء مُجاب، وآخر دعوى المؤمنين في الجنة، دار الثواب؛ أحمده أن وَفَّقَ مَنْ أراد مِن عباده للتَّفَقُّه في الدين على وَفْق مُراده. وأصلي وأسلم على أفضل خلقه محمد سيد المرسلين، القائل: «مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ»؛ وعلى آله وصحبه مُدةَ ذِكرِ الذاكِرين وسَهو الغافلين.
Berkata : Syaikh Al Imam Al ‘Alim Al ‘Alamah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qosim As Syafi’i Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keridlhoannya, Aamin.
Seluruh
pujian hanya hak Allah, memulainya dengan hamdalah karena berharap berkah,
karena merupakan permulaan setiap urusan yang penting, penutup setiap puji yang
diijabah, dan akhir ungkapan orang-orang mu’min di surga, kampung pahala. Aku
memujiNya yang telah memberikan taufiq kepada setiap yang Dia kehendaki dari kalangan
para hambanya, untuk tafaquh di dalam Agama sesuai dengan yang dikehendakiNya.
Aku bersholawat dan memohonkan keselamatan bagi makhluk termulia, Muhammad
penghulu para utusan, yang bersabda :
مَنْ يُرِدِ اللّهُ
بهِ خَيْراً يُفَقِّهْهُ فِي الدِّين
“Barangsiapa
yang Allah kehendaki kebaikannya maka Dia Ta’ala akan memahamkannya pada agama”
(HR. Bukhori[71], Muslim[1037]),
demikian
pula sholawat dan salam bagi seluruh pengikut dan sahabatnya, selama ada
orang-orang yang berdzikir dan adanya orang-orang yang lalai.
وبعد؛ هذا كتاب في
غاية الاختصار والتهذيب، وضعتُه على الكتاب المسمى بـ «التقريب» لينتفع به المحتاج
من المبتدئين لفروع الشريعة والدين، وليكون وسيلةً لنجاتي يومَ الدين، ونفعًا
لعباده المسلمين؛ إنه سميع دعاء عباده، وقريب مجيب، ومن قصده لا يخيب. {وَإِذَا
سَأَلَكَ عِبَادِي
عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ} [البقرة: 186].
واعلم أنه يوجد في بعض نُسَخ هذا الكتاب في غير خطبته تسميته تارة بـ «التقريب»، وتارة بـ «غاية الاختصار»؛ فلذلك سميته باسمين: أحدهما «فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب»، والثاني «القول المختار في شرح غاية الاختصار».
واعلم أنه يوجد في بعض نُسَخ هذا الكتاب في غير خطبته تسميته تارة بـ «التقريب»، وتارة بـ «غاية الاختصار»؛ فلذلك سميته باسمين: أحدهما «فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب»، والثاني «القول المختار في شرح غاية الاختصار».
Kemudian
setelah mengucapkan bismillah dan alhamdulillah, kitab ini sangatlah ringkas
dan runtut, kitab ini saya berinama At Taqrib, dengan harapan para pemula bisa
mengambil manfa’at dalam masalah cabang syari’at dan agama, dan supaya menjadi
media bagi kebahagiaanku pada hari pembalasan, serta bermanfa’at bagi para
hambanya dari orang-orang Islam. Sesungguhnya Dia maha Mendengar permintaan
hambanya, Maha Dekat lagi Maha Mengabulkan, orang yang memaksudkanNya tidak
akan sia-sia “Jika hambaku bertanya kepada mu, maka sesungguhnya Aku sangatlah
Dekat”. (QS. Al Baqoroh : 186).
Ketahuilah!,
dalam sebagian naskah kitab pada muqoddimahnya terkadang penamaanya dengan At
Taqrib dan terkadang pula dengan Ghoyatul Ikhtishor, oleh karena itu saya pun
manamainya dengan dua nama, pertama Fathul Qorib Al Mujib Fi Syarhi
Alfadzi At Taqrib, kedua Al Qaul Al Mukhtar Fi Syarhi Ghoyatil Ikhtishor.
قال الشيخ الإمام أبو
الطيب، ويشتهر أيضا بأبي شُجاع شهاب الملة والدين، أحمد بن الحسين بن أحمد
الأصفهاني - سقى الله ثراه صبيب الرحمة والرضوان، وأسكنه أعلى فراديس الجنان: (بسم
الله الرحمن الرحيم) أبتدئ كتابي هذا. واللهُ اسمُ الذات الواجب الوجود، والرحمن
أبلغ من الرحيم. (الحمد لله) هو الثناء على الله تعالى بالجميل على جهة التعظيم،
(ربِّ) أي مالك (العَالَمين) بفتح اللام، وهو كما قال ابن مالك: اسمُ جَمْع خاص
بمن يعقل، لا جمعٌ ومفردُه عالَمٌ بفتح اللام، لأنه اسم عام لما سوى الله، والجمع
خاصٌّ بمن يعقل.
Telah
berkata : As Syaikh Al Imam Abu Thoyyib, dan terkenal pula dengan nama Abi
Suja’ Syihabul millah wad dien Ahmad bin Al Husain bin Ahmad Al Ashfahaniy semoga
Allah memperbanyak curahan rahmat dan keridlhoan kepadanya, dan menempatkannya
di surga tertinggi.
[Bismillahirrohmaanirrohim]
Aku memulai tulisan ini Allah merupakan nama bagi Dzat Yang Wajib Adanya
‘wajibul wujud’ Ar Rohman lebih menyampaikan daripada Ar Rohim.
[Al Hamdu] merupakan pujian kepada Allah Ta’ala dengan keindahan/kebaikan disertai pengagungan. [Robbi] yaitu Yang Maha Menguasai. [Al ‘Aalamin] dengan difatahkan, ia sebagimana pendapat Ibnu Malik : Kata benda jamak yang khusus digunakan bagi yang berakal, bukan seluruhnya. Kata tunggalnya ‘aalam dengan difathahkan huruf lam, ia merupakan nama bagi selain Allah Ta’ala dan jamaknya khusus bagi yang berakal.
[Al Hamdu] merupakan pujian kepada Allah Ta’ala dengan keindahan/kebaikan disertai pengagungan. [Robbi] yaitu Yang Maha Menguasai. [Al ‘Aalamin] dengan difatahkan, ia sebagimana pendapat Ibnu Malik : Kata benda jamak yang khusus digunakan bagi yang berakal, bukan seluruhnya. Kata tunggalnya ‘aalam dengan difathahkan huruf lam, ia merupakan nama bagi selain Allah Ta’ala dan jamaknya khusus bagi yang berakal.
(وصلَّى الله) وسلَّم (على سيدنا محمد النبي)
هو - بالهمز وتركه: إنسان أوحي إليه
بشرع يعمل به وإن لم يُؤمَر بتبليغه؛ فإن أُمر بتبليغه فنبيٌّ ورسول أيضا. والمعنى
ينشئ الصلاة والسلام عليه. ومحمَّدٌ عَلَم منقول من اسم مفعول المضعف العين،
والنبيُّ بدل منه أو عطف بيان عليه. (و) على (آله الطاهرين) هم كما قال الشافعي:
أقاربه المؤمنون من بني هاشم وبني المطلب. وقيل - واختاره النووي: أنهم كل مسلم.
ولعل قوله: «الطاهرين» منتزع من قوله تعالى: {وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا}
[الأحزاب:33]، (و) على (صحابته)، جمع صاحب النبي. وقوله (أجمعين) تأكيد لصحابته.
[Dan
sholawat Allah] serta salam [atas pengulu kita, Muhammad sang Nabi] ia dengan
hamzah dan tidak dengan hamzah adalah manusia yang diberikan wahyu kepadanya
dengan syari’at yang dia beramal dengannya walaupun tidak diperintahkan
menyampaikannya, maka jika diperintahkan menyampaikan maka dia Nabi dan Rosul.
Maknanya curahkanlah sholawat dan salam kepadanya. Muhammad adalah nama yang
diambil dari isim maf’ul al mudlho’af al ‘ain. Dan Nabi merupakan badal dari
nya atau ‘athof bayan. [Dan] bagi [keluarganya yang suci], mereka sebagaimana
diungkapkan As Syafi’i : Keluarganya yang beriman dari Bani Hasyim dan Bani Al
Mutholib, dikatakan dan An Nawawi memilihnya : Mereka adalah seluruh orang
muslim. Mudah-mudahan perkataanya ath thohirin diambil dari firmanNya Ta’ala :
“dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya” (QS. Al Ahzab : 33). [Dan] bagi
[para sahabatnya], ia jamak dari shohibun nabi . Dan perkataanya [seluruhnya]
merupakan takid ‘penegas’ dari Sahabat.
ثم ذكر المصنف أنه
مسؤول في تصنيف هذا المختصر بقوله: (سألني بعضُ الأصدقاء)، جمع صديق. وقوله:
(حفظهم الله تعالى) جملة دعائية، (أن أعملَ مختصرا)، هو ما قل لفظه وكثر معناه
(في الفقه)، هو لغةً الفهمُ، واصطلاحًا العلمُ بالأحكام الشرعية العملية المكتسب
من أدلتها التفصيلية،
(على مذهب الإمام) الأعظم المجتهد، ناصر السنة
والدين، أبي عبد الله محمد بن إدريس بن العباس ابن عثمان بن شافع (الشافعي) وُلد
بغزة سنة خمسين ومائة، ومات - (رحمة الله تعالى عليه ورضوانه) - يومَ الجُمُعة سلخ
رجب سنة أربع ومائتين.
Kemudian
penulis menyebutkan bahwa dia menulis ringkasan ini karena suatu permintaan,
dalam perkataannya : [sebagian ‘al asdhiqo’ sahabat-sahabtku memintaku], ia
jamak dari shodiiq. Dan perkataanya : [semoga Allah Ta’ala menjaga mereka], ia
merupakan kalimat du’a. [supaya aku membuat suatu ringkasan], ia adalah sesuatu
yang sedikit lafadznya dan banyak maknanya [dalam fiqih], ia secara bahasa
bermakna pemahaman, adapun secara istilah adalah pengetahuan mengenai
hukum-hukum syar’iyah ‘amaliyah yang diusahakan dari dalil-dailnya yang rinci.
[Madzhab Al Imam] yang mulia, mujtahid, penolong sunnah dan agama, Abu Abdillah
Muhammad bin Idris bin Al Abbas bin Utsman bin Syafi’i. [Asy Syafi’i]
dilahirkan di Gaza tahun 150 H dan wafat [semoga kepadanya tercurah rahmat dan
keridlhoanNya] hari Jum’at akhir bulan Rajab tahun 204 H.
ووصف المصنف مختصره
بأوصاف، منها أنه (في غاية الاختصار ونهاية الإيجاز). والغاية والنهاية متقاربان،
وكذا الاختصار والإيجاز؛ ومنها أنه (يقرب على المتعلم) لفروع الفقه (درسه، ويسهل
على المبتدئ حفظه) أي استحضاره على ظهر قلب لمن يرغب في حفظ مختصر في الفقه. (و)
سألني أيضا بعض الأصدقاء (أن أكثر فيه) أي المختصر (من التقسيمات) للأحكام
الفقهية. (و) من (حصر) أي ضبط (الخصال) الواجبة والمندوبة وغيرهما؛ (فأجبته إلى)
سؤاله في (ذلك طالبا للثواب) من الله جزاءً على تصنيف هذا المختصر، (راغبا إلى
الله سبحانه وتعالى) في الإعانة من فضله على تمام هذا المختصر و (في التوفيق
للصواب) وهو ضد الخطأ، (إنه) تعالى (على ما يشاء) يريد (قدير) أي قادر، (وبعباده
لطيف خبير) بأحوال عباده.
Penulis
mensifati ringkasannya dengan ragam sifat, diantaranya [pada puncak ringkasan
dan akhir rangkuman] dan kata-kata al ghoyah dan nihayah memiliki kedekatan
makna, demikian pula al ikhtisor dan al ijaz, diantara sifatnya pula
[mendekatkan pemahaman pada pelajar] kepada cabang fiqih [untuk mempelajarinya
dan mempermudah para pemula untuk menghafalnya] yakni menghadirkannya dari
hafalan bagi orang-orang yang berkeinginan menghafal ringkasan ilmu fiq. [Dan]
sebagian sahabat meminta pula supaya aku [memperbanyak didalamnya] yakni di
dalam ringkasan tersebut [pembagian-pembagian] ahkam fiqhiyyah [dan] dari
[membatasi] yakni seksama [dalam menentukan] yang wajib, mandzub dan selain
keduanya.
[Maka aku berkeinginan mengabulkan pada] permintaannya karena [mengharap pahala] dari Allah Ta’ala atas usaha menulis ringkasan ini. [Harapan hanya kepada Allah yang maha suci lagi maha tinggi] di dalam bantuan dari keutamaanNya untuk menuntaskan ringkasan ini, dan [harapan pula hanya kepada Allah, untuk mendafatkan taufiq pada kebenaran], ia merupakan lawan dari salah.
[SesungguhNya] Ta’ala [atas segala sesuatu yang dikehendakiNya] yakni diinginkannya [Maha Mampu] yakni Maha Sanggup [dan Dia kepada para hambanya Maha Lembut lagi Maha Mengetahui] keadaan para hambanya.
والأول مقتبس من قوله
تعالى: {اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ} [الشورى: 19]، والثاني من قوله تعالى:
{وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ} [الأنعام: 18]. واللطيف والخبير اسمان من أسمائه
تعالى. ومعنى الأول العالِمُ بدقائق الأمور ومشكلاتها؛ ويطلق أيضا بمعنى الرفيق
بهم؛ فالله تعالى عالم بعباده وبمواضع حوائجهم، رفيق بهم. ومعنى الثاني قريب من
معنى الأول؛ ويقال: خَبَرتُ الشيء أخبر، فأنا به خبير، أي عليم. قال المصنف رحمه
الله تعالى:
Yang
pertama diambil dari firmanNya Ta’ala “Allah Maha Lembut kepada para hambanya”
(QS. Asy Syuro : 19), yang kedua diambil dari firmanNya Ta’ala “Dan Dia Maha
Bijaksana lgi Maha Mengetahui” (QS. Al An’am : 18), al lathif dan al Khobir
merupakan dua nama diantara nama-nama Allah Ta’ala. Makna yang pertama ‘al
lathif’ yang mengetahui segala sesuatu secara detil dan permasalahan-permasalahannya,
ia kadang dimutlakan pula pada makna Maha lembut kepada mereka, maka Allah Maha
Mengetahui tentang para hambanya dan tempat-tempat kebutuhan/kehendak/keinginan
mereka lagi Maha lembut kepada mereka. Makna yang kedua memiliki kedekatan
makna dengan yang pertama, dikatakan : khobartu asysyaia akhbarohu fa anaa bihi
khobiirun, yakni mengetahui.
Artikel Selanjutnya : FATHUL QORIB (Kitab Hukum Bersuci)
Baca Juga : NGAJI KITAB FATHUL QORIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar